Tes Kompetensi Pribadi

1.    Sebagai orang yang bekerja di pemerintahan saya sering menjumpai masyarakat dan memberikan berbagai macam pelayanan sesuai bidang tugas saya. Dalam melaksanakan pekerjaan tersebut prinsip yang saya pedomani antara lain kecuali:
A.    Transparansi
B.     Gratifikasi
C.     Akurasi
D.    Akuntabilitas
E.     Partisipatif
Jawaban : B

2.    Anda bekerja sebagai kasir pada sebuah super market. Seorang pelanggan yang baru selesai berbelanja menyampaikan komplain karena mencurigai harga-harga barang yang baru saja dibeli. Tindakan anda…
A.    Menjawab tidak tau
B.     Mencari alasan lain untuk meyakinkan pelanggan karena anda dalam keadaan sibuk
C.     Menjawab itu sudah menjadi ketentuan dan berlaku bagi semua pelanggan lain
D.    Menyuruh menanyakan langsung kepada atasan anda
E.     Memeriksa kembali faktur penjualan dan menjelaskan rincian harga
Jawaban : E

3.    Anda seorang apoteker yang bekerja pada sebuah Apotik. Para pelanggan yang datang membeli obat atas resep dokter sering menanyakan manfaat dan efek samping obat yang mereka beli. Seperti hari ini disaat anda sedang sibuk seorang pelanggan datang membeli obat dan meminta informasi tentang obat yang dia beli. Tanggapan anda…
A.  Menganjurkan pelanggan untuk menanyakan langsung kepada dokter yang membuat resep tersebut karena dokter lebih kompeten
B.   Menjawab tidak tau jika memang tidak tau
C.  Memberikan jawaban sesuai data informasi resep obat yang dibeli sampai pelanggan bisa mengerti
D.  Memberikan jawaban seadanya dan singkat karena anda sedang sibuk
E.   Menjawab bahwa informasi obat rahasia dan pelanggan cukup percaya kepada dokter yang membuat resep tersebut
Jawaban : C

4.    Karena pandai bergaul Mas Brondong memiliki kenalan para pejabat tinggi dan orang-orang terhormat lainnya. Mas Berondong akan melaksanakan resepsi pernikahannya dan mengundang semua kenalan tersebut dan mereka mengiakan akan datang. Karena dianggap orang-orang penting Mas Brondong pun menata tempat khusus bagi mereka dengan lebih megah dan mewah dibanding tempat undangan lainnya yang lebih sederhana. Pendapat anda…
A.      Untuk tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang penting memang harus memberikan pelayanan lebih bagi mereka
B.       Undangan lain pasti memakluminya karena status mereka memang lebih rendah
C.       Wajar Mas Brondong melakukannya karena jabatan mereka lebih penting
D.      Tindakan Mas Brondong terbalik, seharunsya orang-orang penting tersebut dibuatkan tempat yang lebih sederhana dibanding undangan lainnya karena mereka sudah terbiasa merasakan tempat mewah
E.       Seharusnya Mas Brondong cukup membuat satu tempat dan tidak membeda-bedakan semua undangan
Jawaban : E

5.    Ahmad adalah seorang bendahara penerimaan pajak daerah pada sebuah instansi daerah. Seorang wajib pajak datang ingin membayar pajaknya dengan jumlah seharusnya Rp.740.000,-. Ternyata wajib tidak sanggup membayarnya karena hanya membawa uang sebesar Rp.700.000,- saat itu sehingga masih ada kekurangan Rp.40.000. Jika anda adalah Ahmad maka…
A.  Menyuruh wajib pajak pulang dan kembali lagi setelah kekurangan tersebut dapat dipenuhi
B.   Meminjamkan uang sendiri atas kekurangan tersebut dan membuat perjanjian diatas materai untuk pembayaran kekurangannya
C.  Bersikap tegas dan menolak pembayaran wajib pajak tersebut karena tidak sesuai ketentuan
D.  Menerima pembayaran dan menambah kekurangannya karena jumlahnya tidak terlalu besar
E.   Menerima pembayaran dan mencatat kekurangan dalam laporan penerimaan untuk dilaporkan kepada atasan
Jawaban : D

6.    Anda menjadi pimpinan rapat dalam sebuah rapat kerja di kantor tempat anda bekerja. Saat rapat berjalan seorang bawahan anda menyampaikan pendapat yang sebenarnya mustahil untuk dilakukan. Tindakan anda adalah..
A.  Menjawab pendapat tersebut keluar dari topik rapat dan tidak bisa diterima
B.   Menerima pendapat tersebut dan segera memutuskan menjadi pilihan
C.  Menegur orang tersebut karena memberikan pendapat yang mustahil
D.  Menampung pendapat tersebut dan menanyakan pendapat peserta rapat lainnya
E.   Mengeluarkan orang tersebut dari ruang rapat karena akan mengganggu konsetrasi peserta rapat
Jawaban : D

7.    Mbok Tanti adalah wanita paling cantik dikantornya dengan rupa jelita dan tutur kata yang lembut. Pimpinan dikantornya pun menempatkan Mbok Tanti pada posisi front office dimana bagi pegawai diposisi ini diberikan insentif tambahan. Menurut anda tindakan pimpinan…
A.      Mungkin pimpinan tertarik kepadanya sehingga ditempatkan pada posisi yang memiliki insentif lebih
B.       Itu wajar karena wanita cantik memang selalu mendapat perhatian lebih
C.      Mbok Tanti yang cantik akan menyenangkan pelanggan kantor tersebut dan menjadi kesan pertama yang baik
D.      Pimpinan salah karena membeda-bedakan posisi pegawai karena kelebihannya adalah tindakan diskriminatif
E.       Mungkin pimpinan ingin menjalin hubungan lebih dekat dengan Mbok Tanti
Jawaban : C

8.    Dalam memberikan pelayanan dikantor anda untuk masalah-masalah yang penting dan berat biasanya pegawai lain akan meminta imbalan lebih dari yang sudah ditentukan kepada pelanggan yang membutuhkan pelayanan kantor anda. Anda sebagai salah satu pegawai kantor tersebut…
A.  Walau terpaksa saya tidak akan mengikuti tindakan tersebut karena pekerjaan berat sudah bagian tugas saya
B.   Jika pelanggan tidak keberatan tidak masalah meminta tambahan untuk menambah pendapatan mereka
C.  Saya tidak mau mengikuti tindakan mereka karena bertentangan dengan ketentuan
D.  Para pelanggan pasti bisa memakluminya
E.   Saya juga akan meminta imbalan lebih karena masalah tersebut penting dan berat
Jawaban : C

9.    Banyak perbankan yang menghadirkan layanan Kas Keliling dalam menjalankan bisnisnya, tujuannya adalah…
A.      Karena memiliki fasilitas yang lebih
B.       Agar berbeda dengan bank lain sebagai saingan
C.       Mendekatkan pelayanan kepada nasabah
D.      Mencari cara baru merebut hati nasabah
E.       Menambah keuntungan
Jawaban : C

10.    Sebuah kantor dalam membuat kebihjakan memberikan pelayanan kepada pelanggannya selalu diinformasikan mengenai tatacara, rincian biaya dan jadwal penyelesaiannya dan dituangkan dalam standar operasional prosedur (SOP). Hal tersebut selalu disampaikan kepada pelanggan meski tidak ada pertanyaan atau keluhan pelanggan. Pendapat anda…
A.  Kantor tersebut tidak berani mengambil resiko dan takut terhadap pelanggan
B.   Patut ditiru untuk menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap barang/ jasa yang ditawarkan.
C.  Kantor yang bagus memang selalu menjaga gengsi dan nama baik kantornya
D.  Kantor yang bagus memiliki keuangan yang bagus sehingga sanggup memberikan yang tidak bisa diberikan kantor lain
E.   Pelanggan akan merasa mendapatkan pelayanan yang terlalu berlebihan
Jawaban : B
11.    Setiap hari, saya masuk kantor paling cepat dibandingkan pegawai lainnya. Yang saya lakukan setelah tiba adalah ...
A.    Masuk ke ruangan dan membaca koran
B.     Santai di luar gedung kantor untuk menikmati udara pagi
C.     Masuk ke ruangan dan mengobrol dengan rekan sejawat
D.    Masuk ke ruangan dan membuat rencana kerja
E.     Masuk ke ruangan dan memulai pekerjaan yang tertunda kemarin
Jawaban : E
12.    Saya diminta untuk lembur kerja sedangkan saya sudah berjanji kepada anak saya untuk mengantarnya ke pesta ulang tahun sahabatnya. Sikap saya….
A.    Pulang dengan diam diam, tanpa sepengetahuan pimpinan
B.     Berpura pura sakit agar dapat diizinkan untuk segera pulang
C.     Menghubungi anak saya menjelaskan agar naik taksi saja
D.    Bekerja lembur, karena yakin anak saya pasti memaklumi
E.     Meminta izin pimpinan mengantar anak saya kemudian kembali ke kantor
untuk bekerja lembur
Jawaban : E

13.    Ada pekerjaan yang terbengkalai karena orang yang seharusnya bertanggung jawab pindah kerja, maka saya…
A.    Langsung mengerjakan pekerjaan tersebut karena jika terbengkalai terlalu
lama akan mengganggu proses kerja
B.     Langsung mengerjakan pekerjaan tersebut, dan baru akan memberitahu atasan
setelah pekerjaan tersebut selesai
C.     Melakukan hanya apa yang dikatakan oleh atasan tidak lebih dan tidak kurang
D.    Menyarankan orang lain yang menurut saya kompeten untuk mengerjakan
pekerjaan tersebut
E.     Menyarankan dan merekomendasikan hal-hal yang diperlukan untuk
menyelesaikan pekerjaan tersebut, tetapi tidak bertindak sebelum disetujui
oleh atasan
Jawaban : A

14.    Jika saya memiliki bawahan yang kompetensinya rendah, maka
A.    Saya menuntutnya untuk meningkatkan kemampuannya
B.     Saya menegaskan bila dia tidak meningkatkan kemampuannya, maka saya tidak segan akan memberhentikannya
C.     Saya akan memberhentikannya dengan segera
D.    Saya meminta atasan saya untuk memindahkannya ke unit lain
E.     Saya membimbing dan memintanya untuk meningkatkan
Kemampuannya
Jawaban : E

15.    Seluruh pekerjaan telah selesai saya kerjakan namun jam kerja hari ini masih tersisa sekitar 2 jam lebih.
A.    Mumpung masih di kantor dengan fasilitas internet, maka saya pergunakan
untuk mengakses situs jaringan sosial facebook
B.     Setelah lelah bekerja hari ini, saya rasa tak ada salahnya saya mengobrol
dengan rekan-rekan kerja lain untuk sekedar mengisi waktu
C.     Saya lebih suka membaca tabloid infotainment
D.    Saya pergunakan untuk chatting dengan kawan lama
E.     Saya pergunakan untuk membaca buku-buku pengembangan diri.
Jawaban : E

16.    Menurut rekan-rekan saya, saya ini orang yang
A.    Tidak memiliki ketekunan dalam mengerjakan pekerjaan rutin
B.     Memiliki ketekunan rendah
C.     Terkadang tekun
D.    Terkadang mudah jengkel dan kurang tekun mengerjakan sesuatu
E.     Cukup tekun
Jawaban : D

17.    Setelah menyelesaikan pekerjaan tertentu, saya
A.    Langsung melakukan aktifitas lain
B.     Istirahat sejenak
C.     Mengakses situs jejaring sosial semacam facebook untuk mengetahui kabar
terbaru dari kerabat dan kawan saya
D.    Membaca koran
E.     Meneliti pekerjaan tersebut apakah masih ada kekeliruan, lalu melakukan
aktifitas lain.
Jawaban : E

18.    Anda adalah seorang anggota unit biasa. Saat ini unit anda dihadapkan pada situasi rumit yang membutuhkan pengambilan keputusan saat ini juga dari pimpinan unit,padahal pimpinan unit baru tiba di kantor 4 jam lagi. Sikap anda adalah....
A.    Tetap menunggu pimpinan unit untuk datang
B.     Meminta rekan lain saja yang mengambil keputusan
C.     Bagaimanapun juga, saya tidak bersedia mengambil keputusan karena hal itu
berisiko tinggi bagi karier saya
D.    Saya akan mengambil keputusan untuk menyelamatkan kondisi rumit
tersebut
E.     Saya menelpon dulu pimpinan lalu mengambil keputusan sesuai arahan
pimpinan dan berdasarkan kondisi saat itu
Jawaban : E

Selengkapnya

Komentar